Sejarah dan perbedaan Komputer dari Generasi ke Generasi

Senin, 06 Mei 2019

Sejarah dan perbedaan Komputer dari Generasi ke Generasi


Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi (Lengkap)

Pengertian Komputer Secara Umum

Kata computer secara umum (jaman dulu)
Komputer pernah didefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan memakai alat atau tanpa bantuan alat..
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.
Kata computer secara umum (jaman sekarang) 
Menurut KBBI , komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb) , biasanya terdiri atas “unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan”.
Dalam arti yang lebih luas, Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang terdiri dari
“komponen-komponen yang saling bekerja sama satu sama lain untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada”
Adapun komponen-komponen yang dimaksud adalah CPU, Monitor sebagai komponen-komponen utama. serta Mouse, Keyboard, Printer sebagai komponen-komponen pendukungnya.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda dari definisi diatas, diantaranya :
Menurut Elias M.Awad Komputer adalah : 
“sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog.”




Menurut Robert H.Blissmer Komputer adalah :
“suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima dan memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan ouput dalam bentuk informasi.”
Menurut Donald H.Sanders komputer adalah :
“sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat yang dengan otomatis menerima,menyimpan dan memproses data input, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam penyimpanannya.”
William M.Fuori berpendapat bahwa pengertian dari komputer adalah :
“suatu alat proses data yang bisa melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa ada campur tangan manusia.”
Menurut Larry & Nancy Long, komputer adalah :
 “alat hitung elektronik yang mampu melaksanakan perintah program untuk input, ouput, perhitungan dan operasi-operasi logic.”
V.C Hamacher menyatakan pendapatnya tentang definisi dari komputer. Ia berpendapat bahwa komputer merupakan :
“mesin penghitung elektronik yang dengan cepat mampu menerima informasi input digital , memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dan menghasilkan ouput informasi.”
Pendapat ahli terakhir yang akan Webmobile berikan adalah pendapat dari Jhon J.Longkutoy. Ia berpendapat bahwa komputer adalah :
“suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan/atau sebuah mesin pengolah data yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan untuk user/penggunanya”
Itulah beberapa Pengertian Komputer Menurut Para Ahli.
Dari ketujuh pendapat ahli diatas, Webmobile simpulkan bahwa :
“komputer itu merupakan alat untuk memproses data dan menghasilkan ouput berupa informasi yang berguna untuk para pemakainya”.

Rangkuman

Kamu bisa mengambil kesimpulan menurut ide kreatif kamu tentang definisi diciptakan nya komputer, baik dengan mengutip salah satu definisi yang dibuat para ahli diatas, supaya bisa mengartikan kata komputer agar lebih luas pemahamannya..
Berikut ulasan tentang sejarah komputer dari Generasi 1 sampai 5 secara lengkap :

Sejarah Komputer

Komputer Generasi Pertama (15 Februari 1946)

Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi (Lengkap)
Gambar di atas merupakan gambar dari komputer generasi pertama. (gambar tersebut tidak bisa dikatakan asli) Sangat jauh bukan dari komputer yang ada saat ini ? Ya, memang seperti itulah bentuk komputer pada generasi pertama. Untuk menaruh satu Sistem Komputer generasi pertama dibutuhkan space/ruangan yang cukup besar, hingga mencapai satu ruangan besar..
Selain membutuhkan space yang besar, komputer generasi pertama juga membutuhkan daya yang sangat besar untuk penggunaannya”, Nama Komputer elektronik yang pertama kali diciptakan adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) pada 15 Februari 1946.
ENIAC dirancang oleh dua orang profesor Universitas Pennsylvania yakni John Presper Eckert dan John W.Mauchly dan tercipta atas kerja sama yang dilakukan pihak pemerintah Amerika Serikat dengan Universitas Pennsylvania.
ENIAC ini sendiri merupakan komputer yang sangat besar yang terdiri dari :
  • 18.000 Tabung Vakum;
  • 70.000 Resistor;
  • 5 juta titik solder;
  • Memiliki berat 27 Ton dan..
  • Menghabiskan Daya Sebesar 160 kW;
Luar biasa bukan… ? Kemudian pada pertengahan tahun 1940-an, seorang pakar matematik bernama John Von Neumann bergabung dengan tim Universitas Pennsylvania untuk membangun konsep desain komputer yang masih bisa dipakai untuk 40 tahun kedepan.
John Von Neumann berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan terobosan utamanya yakni sebuah memori yang digunakan untuk menampung baik program maupun data.
Dengan adanya memori ini memungkinkan komputer untuk berhenti sesaat dan melanjutkan pekerjaannya kembali tanpa kehilangan data ataupun program tertentu.
Selanjutnya pada tahun 1951, terciptalah komputer komersial pertama yang dibuat oleh Remington Rand dengan memanfaatkan model arsitektur hasil karya John Von Neumann. Komputer ini dikenal dengan nama Universal Automatic Computer I (UNIVAC I).

Komputer Generasi Kedua (Transistor dan Bahasa Pemograman)

Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi (Lengkap)
Ditemukannya transistor pada tahun 1948 membawa perubahan di berbagai alat elektronik seperti televisi, radio dan komputer.
Transistor menggantikan tabung vakum yang sebelumnya digunakan pada alat-alat elektronik tersebut, dengan digantinya tabung vakum menjadi transistor membuat ukuran alat elektronik terutama komputer menjadi lebih kecil.
Transistor mulai digunakan di komputer pada tahun 1956. Selain munculnya transistor, komputer generasi kedua ditandai dengan penemuan lain yang mengembangkan memori inti-magnetik, penemuan ini juga yang membuat komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih bisa diandalkan dibanding komputer generasi pertama serta lebih hemat energi karena tidak membutuhkan daya sebesar komputer pada generasi pertama.
Komputer awal pada generasi kedua ini adalah Super komputer dari IBM yang bernama Stretch dan Superkomputer dari Sprey-Rand yang bernama LARC dan Kedua merk komputer ini dikembangkan untuk laboratorium Energi Atom.
Namun komputer-komputer tidak terlalu populer karena harganya yang terlalu mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis.
Pada awal tahun 1960-an, IBM kembali mengeluarkan komputer dari generasi kedua yang diberikan nama IBM 1401.
1405 inilah yang mulai diterima secara luas dikalangan industri dan pada tahun 1965 hampir seluruh bisnis-bisnis besar sudah menggunakan komputer dari generasi kedua ini untuk memproses informasi keuangan.
Pada generasi kedua ini sudah mulai muncul dua bahasa pemograman yaitu Common Business Oriented Language (COBOL) dan juga Formula Translator (FORTRAN).

Komputer Generasi Ketiga (“IC” Integrated Circuit dan Operating System “OS”)

Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi (Lengkap)
Komputer generasi ketiga ditandai dengan munculnya IC (Integrated Circuit) yang menggantikan peran transistor. Dasar diciptakannya IC adalah karena transistor menghasilkan panas yang sangat besar dan hal itu dapat merusak bagian-bagian internal komputer.
IC dikembangkan oleh seorang insinyur di Texas Instrument yang bernama Jack Kilby. Pada awal ditemukan atau diciptakan, IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik kedalam satu piringan silikon kecil yang terbuat dari Pasir Kuarsa, Kemudian para ilmuwan berhasil mengembangkan sehingga IC dapat mengkombinasikan lebih banyak komponen-komponen elektronik di dalamnya.
Hal ini lah yang membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil lagi karena komponen-komponen komputer dipadatkan kedalam IC.
Di generasi ketiga ini pula mulai ditemukan Operating System (OS) yang membuat komputer bisa melalukan beberapa tugas berbeda dalam waktu bersamaan atau dikenal dengan sebutan multi-tasking.
Contoh komputer yang muncul di generasi ketiga ini diantaranya adalah
  • IBM/30
  • UNIVAC 9000
  • UNIVAC 1108
  • GE 600

Komputer Generasi Keempat (Large Scale Integration “LSI”)

Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi (Lengkap)
Setelah ditemukannya IC pada generasi komputer ketiga, inovasi selanjutnya yang ditemukan di generasi keempat adalah Large Scale Integration (LSI).
LSI itu sendiri merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada suatu kepingan yang biasa disebut juga dengan sebutan CHIP. Adapun contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi keempat yaitu
  • IBM 370;
  • Apple I;
  • Aplle II dan..
  • Vizicalc Altair;
Komputer-komputer tersebut sudah menggunakan processor 8080 yang dikenalkan oleh perusahaan Intel pada tahun 1974.
Dengan pemadatan IC kedalam suatu CHIP, yang IC itu sendiri merupakan gabungan dari komponen-komponen elektronik, semakin memperkecil ukuran dari satu komputer yang ada di generasi keempat.
Perkembangan komputer yang sedemikian rupa ini, membuat semakin banyak orang yang mulai menggunakan komputer. Tidak hanya untuk urusan bisnis, di generasi keempat ini komputer sudah mulai digunakan masyarakat umum untuk berbagai urusan seperti pendidikan dan lain sebagainya Dan di generasi keempat ini pula mulai muncul lah produsen-produsen komputer yang menawarkan komputer ke masyarakat luas.
Komputer-komputer yang kita pakai saat ini merupakan komputer generasi keempat dengan segala perkembangan-perkembangannya baik dalam segi fisik, fungsi serta efisiensi dibanding komputer-komputer pada awal generasi keempat…

Komputer Generasi Kelima AI (Artificial Intelligence)

Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi (Lengkap)
generasi komputer kelima masih dalam tahap perancangan atau dengan kata lain generasi komputer kelima ini adalah proyeksi komputer di masa depan. Jepang adalah negara yang terkenal paling ‘ngotot’ untuk menciptakan komputer generasi kelima ini.
Ada satu lembaga khusu bernama Institute For New Computer Technology (ICOT) yang dibentuk untuk mewujudkan komputer generasi kelima ini.
Untuk generasi kelima ini, komputer kedepannya diharapkan mampu untuk melakukan interaksi dengan manusia, interaksi yang dimaksud di sini adalah berkomunikasi dengan manusia dan mampu menerima masukan visual dari manusia atau dalam bahasa kerenya adalah AI (Artificial Intelligence)
Mungkin gambaran dari komputer generasi kelima dapat kita lihat di film Ironman atau film-film fiksi lainnya yang menggambarkan komputer-komputer yang super canggih.

Rangkuman

Hal yang mesti kamu ingat dari Sejarah Komputer dari Generasi 1, 2, 3, 4, 5, hingga generasi yang akan datang, adalah penemuan komponen – komponen komputer untuk suatu perkembangan yang membuat komputer semakin cangih, dan semakin pintar.




PERBEDAAN GENERASI KOMPUTER 1 SAMPAI 5

Generasi Komputer pertama

dikarakteristikan dengan komponen vaccum-tube (tabung vakum) dan perputaran memori. Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler. Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.

Generasi komputer ke dua 

komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN. Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari Magnetic Core Storage.

Generasi komputer ke tiga

perangkat keras komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Ukuran fisiknya jauh lebih kecil sehingga listriknya lebih hemat. menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access. dapat melakukan multi processing dan multi programming.

Generasi komputer ke empat

dikarakteristikan oleh sangat besar, memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Generasi komputer ke lima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan. Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat. Kemampuan multimedia yang jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi keempat. Ukuran komputer yang semakin kompak dan minimalis.



https://www.webmobile.id/pengertian-dan-sejarah-komputer-lengkap/

0 komentar :

Posting Komentar